Gunung Toba Purba

Gunung Toba Purba - Hallo sahabat Hitam Putih, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Gunung Toba Purba, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Gunung-gunung purba, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Gunung Toba Purba
link : Gunung Toba Purba

Baca juga


Gunung Toba Purba



Gunung Toba purba adalah gunung tertinggi di dunia di masa prasejarah, pada saat itu ketinggian gunung Toba mencapai 11.768 meter di atas air laut (mdpl). Letusan gunung toba pertama di masa purba terjadi di tahun 797.988 sebelum masehi, letusan dasyat itu menghasilkan kaldera di selatan gunung Toba, tepatnya didaerah Prapat dan Porsea sekarang, sekaligus mengubur kejayaan kerajaan Alengka. 

Letusan kedua terjadi di tahun 487.589 sebelum masehi, letusan ini tidak sebesar letusan pertama, dan menghasilkan kaldera di utara gunung Toba, tepatnya di daerah Haranggaol dan Silalahi sekarang, dan letusan ketiga yang terjadi ditahun 61.558 sebelum masehi, adalah letusan terbesar dari gunung Toba purba, letusan ketiga itulah yang menyatukan kaldera di utara dan selatan, hingga membuat sebuah kaldera yang sangat besar, kaledra itu kemudian menjadi sebuah danau, kemudian munculah anak gunung Toba di tengah-tengah danau yang sekarang dikenal dengan nama pulau Samosir.

Letusan ketiga bukan hanya semakin mengubur sebagian peradaban kejayaan Nusantara, tetapi juga mengakibatkan perubahan yang sangat besar di seluruh penjuru dunia, karena letusan ketiga itu memicu terjadinya zaman es, kegelapan berlangsung selama lebih dari 10 tahun, sinar matahari tertutup debu vulkanik yang mengambang di atmosfir, hingga suhu di bumi menjadi turun drastis, sebagian besar permukaan lautan membeku, banyak ras Asura yang meninggal dan bermigrasi pada saat itu, dan ini hanya secuil kisah kehebatan gunung toba yang letusannya bisa mengubah zaman.


Foto satelit tampak kaldera gunung Toba dan pulau samosir


Demikianlah Artikel Gunung Toba Purba

Sekianlah artikel Gunung Toba Purba kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Gunung Toba Purba dengan alamat link http://irengpote.blogspot.com/2017/06/gunung-toba-purba.html

0 Response to "Gunung Toba Purba"

Post a Comment