Gunung Tambora Purba

Gunung Tambora Purba - Hallo sahabat Hitam Putih, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Gunung Tambora Purba, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Gunung-gunung purba, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Gunung Tambora Purba
link : Gunung Tambora Purba

Baca juga


Gunung Tambora Purba



Gunung Tambora adalah gunung tertinggi ketiga dimasa purba ketinggiannya mencapai 5.265 meter di atas permukaan laut (mdpl), gunung Tambora terletak di pulau Sumbawa, di masa purba daerah itu di huni oleh para Asura yang sangat unik, tubuhnya kecil seperti bangsa liliput, tinggi para asura yang ada di daerah itu tidak lebih dari satu meter, bahkan rata-rata hanya 50cm, jauh lebih pendek dari tubuh Asura yang pada umumnya memiliki tinggi 30meter. 

Seperti halnya gunung Toba, gunung Tambora hingga saat ini juga tercatat meletus sebanyak tiga kali, letusan pertama gunung Tambora terjadi ditahun 3050 sebelum masehi, tetapi letusan pertama itu bukanlah letusan yang besar, hanya menurangi sedikit ketinggian gunung tersebut menjadi 4.870 meter diatas permukaan laut (mdpl), letusan kedua terjadi ditahun 740 sebelum masehi, dan juga bukan merupakan sebuah letusan yang besar, dalam letusan kedua ini gunung tambora menjadi lebih pendek yaitu 4.256 meter di atas permukaan laut (mdpl), letusan ketiga lah yang merupakan letusan terbesar dari gunung Tambora yang terjadi di abad 18 setelah masehi, tepatnya di tahun 1815 masehi, dan nyaris ketinggian gunung Tambora menjadi setengahnya yaitu hanya 2.730 meter diatas permukaan laut (mdpl).

Letusan ketiga gunung Tambora itu lumayan dasyat hingga gelegarnya terdengar sampai pulau Sumatera, dan bukan hanya itu saja, debu vulkanik yang dihasilkan sempat mempengaruhi iklim dunia, karena debu vulkanik itu mengambang di atmosfir hingga berbulan-bulan, hal ini juga memperngaruhi iklim di Eropa dan Amerika, letusan ketiga ini juga melenyapkan beberapa kerajaan-kerajaan di sekitar gunung Tambora.


Foto satelit tampak kaldera gunung Tambora


Demikianlah Artikel Gunung Tambora Purba

Sekianlah artikel Gunung Tambora Purba kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Gunung Tambora Purba dengan alamat link http://irengpote.blogspot.com/2017/06/gunung-tambora-purba.html

0 Response to "Gunung Tambora Purba"

Post a Comment